Raka adalah seorang siswa SMP kelas VIII yang dikenal pendiam. Di kelas, ia jarang terlihat aktif bertanya atau menjawab pertanyaan guru. Teman-temannya sering menyangka bahwa ia hanyalah siswa biasa yang tidak terlalu menonjol dalam pelajaran. Padahal, di balik sikap tenangnya, Raka memiliki tekad besar untuk bisa meraih prestasi. Ia ingin membuktikan bahwa dengan usaha dan strategi yang tepat, siapa pun bisa berhasil.
Setiap pulang sekolah, Raka punya rutinitas khusus. Ia tidak langsung bermain game atau keluar bersama teman. Pertama, ia akan membuka buku catatannya, lalu menuliskan kembali poin-poin penting pelajaran hari itu. Agar tidak terasa membosankan, ia menambahkan warna berbeda pada setiap topik: biru untuk rumus, hijau untuk definisi, merah untuk kata kunci penting. Cara ini membuat otaknya lebih mudah mengingat materi, seolah catatannya adalah peta berwarna. Selain itu, Raka sering mencoba menjelaskan materi yang sudah dipelajari dengan cara berbicara sendiri di depan cermin, seakan-akan ia sedang mengajar.
Hasilnya mulai terlihat. Ketika ulangan harian diumumkan, semua siswa kaget melihat nama Raka berada di peringkat pertama. Teman-temannya langsung penasaran. “Kamu belajar berapa jam, Rak?” tanya Ardi, sahabatnya yang duduk di bangku depan. Dengan senyum sederhana, Raka menjawab, “Nggak lama, kok. Aku cuma belajar sebentar tapi rutin. Yang penting paham, bukan sekadar menghafal.” Jawaban itu membuat banyak temannya mulai menaruh rasa kagum sekaligus penasaran dengan rahasianya.
Namun, sebuah kejutan terjadi. Pada ulangan berikutnya, nilai Raka justru turun drastis. Ia bahkan berada di luar sepuluh besar. Raka merasa kecewa dan bingung, padahal ia sudah belajar dengan cara yang sama. Malam itu, ia merenung di meja belajarnya. Apakah selama ini usahanya sia-sia? Ia bahkan sempat merasa putus asa dan berpikir bahwa mungkin dirinya hanya beruntung saat ulangan pertama.
Keesokan harinya, guru matematika yang melihat wajah murung Raka menghampirinya. “Raka, ingat ya, belajar itu bukan soal siapa yang paling cepat pintar, tapi siapa yang mau terus mencoba. Nilai turun itu wajar, justru dari situ kamu belajar apa yang perlu diperbaiki.” Kalimat sederhana itu menampar kesadaran Raka. Ia menyadari bahwa kiat belajar tidak bisa hanya mengandalkan satu metode. Konsistensi memang penting, tetapi kemampuan beradaptasi dengan berbagai jenis soal dan situasi juga tak kalah penting.
Sejak itu, Raka mulai mengubah strateginya. Ia tidak hanya belajar sendiri, tetapi juga mengajak teman-temannya berdiskusi kelompok. Dari situ, ia menemukan bahwa mendengar cara orang lain memahami materi bisa menambah sudut pandang baru. Ia juga lebih rajin bertanya kepada guru jika ada hal yang membingungkan, sesuatu yang dulu jarang ia lakukan karena sifat pendiamnya. Selain itu, ia mulai membiasakan diri mengerjakan latihan soal dalam berbagai variasi, sehingga tidak kaget dengan bentuk soal yang berbeda.
Perlahan tapi pasti, nilai Raka kembali naik. Ia memang tidak selalu mendapatkan nilai sempurna, tapi ia berhasil menjaga konsistensi prestasinya dan semakin percaya diri. Teman-temannya pun semakin respek kepadanya. Kini, Raka dikenal bukan hanya sebagai siswa yang pintar, tetapi juga sebagai sosok yang tidak mudah menyerah dan mau belajar dari kegagalan.
Pesan moral dari kisah Raka adalah bahwa kiat belajar terbaik bukan sekadar mengulang catatan atau rajin belajar setiap hari, melainkan juga berani menghadapi kegagalan, terbuka terhadap cara baru, dan pantang menyerah. Belajar adalah perjalanan panjang yang penuh liku, dan justru di situlah letak keindahannya.
Pertanyaan :
1. Apa yang membuat Raka awalnya bisa meraih peringkat pertama dalam ulangan harian, meskipun ia dikenal sebagai siswa pendiam?
2. Mengapa nilai Raka sempat turun drastis pada ulangan berikutnya, padahal ia sudah belajar dengan cara yang sama?
3. Bagaimana peran guru matematika dalam membantu Raka menyadari arti sebenarnya dari proses belajar?
4. Apa perubahan strategi belajar yang dilakukan Raka setelah mengalami kegagalan, dan bagaimana hal itu memengaruhi hasil belajarnya?
5. Menurutmu, mengapa penting untuk tidak hanya mengandalkan satu metode belajar saja, tetapi juga beradaptasi dengan cara baru?
Komentar
Hi there!
https://wapiti3.ovh/ssrf/pfm8bd/114/636f6d6d656e74/
Hi there!
whuwsxjj25
Hi there!
Hi there!¿\'\"(
view_article.php::$DATA
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//etc/passwd
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//etc/passwd\0
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//etc/services
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//etc/services\0
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//Windows/System32/drivers/etc/services
....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//....//Windows/System32/drivers/etc/services\0
view_article.php
view_article.php\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/passwd
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/passwd\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd\0
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
file:///etc/passwd
file://C:\\Windows\\System32\\drivers\\etc\\services
/etc/services\0
C:\\Windows\\System32\\drivers\\etc\\services
C:\\Windows\\System32\\drivers\\etc\\services\0
C:\\Windows\\System32\\drivers\\etc\\services::$DATA
C:/Windows/System32/drivers/etc/services
C:/Windows/System32/drivers/etc/services\0
C:/Windows/System32/drivers/etc/services::$DATA
../../../../../../../../../../lib/
../../../../../../../../../../windows/
../../../../../../../../../../etc/passwd
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd
../../../../../../../../../../etc/passwd\0
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd\0
../../../../../../../../../../etc/services
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services
../../../../../../../../../../etc/services\0
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services\0
../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services
../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../Windows/System32/drivers/etc/services\0
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/passwd
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/passwd\0
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/passwd\0
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../../../../../../../../../../../etc/services
Hi there!/../../../../../../../../../../etc/services\0
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
https://wapiti3.ovh/e.php
https://wapiti3.ovh/e.php\0
/etc/passwd
/etc/passwd\0
/etc/services
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
a`sleep 60`
a;sleep 60;
a|sleep 60;
&ping -n 25 127.0.0.1&
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
;env;
|env
a;env;
a);env;
../../../../../../../../../../../../../../../usr/bin/env|
Hi there!;env;
Hi there!\nenv;
&set&
set
env
/e\0
a;exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
a;exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
\";exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
\";exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
\';exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
\';exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
\".exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
\".exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
\'.exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
\'.exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
;exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));//
;exit(md5(\'w4p1t1_md5\'));#
data:;base64,PD9waHAgZWNobyAndzRwMXQxJywnX2V2YWwnOyA/Pg==
a`)`
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
Hi there!
bagus dan keren
Tulisannya bagus, sudah tertata dengan rapi
aku terlalu ter gila-gila padamu, hingga aku buta akan banyak nya orng yng suka padamu. \r\n~8d
good job??
mantap
anak kuliah jurusan hukum\r\nselama kuliah ga pernah dihukum\r\nassalamualaikum \r\nmasa depan antum :p \r\nmantap bu ceritanyaaa
\"Kisah Raka, yang dianyam dengan begitu indah dan penuh makna dalam artikel ini, jauh melampaui sekadar catatan perjalanan seorang siswa; ia adalah sebuah epos tentang semangat belajar yang abadi, sebuah eksplorasi yang mendalam dan mengharukan tentang ketangguhan jiwa manusia dalam menghadapi badai kehidupan, dan sebuah perayaan yang menggembirakan atas kemampuan luar biasa kita untuk beradaptasi, berevolusi, dan mencapai potensi tertinggi kita di tengah arus perubahan yang tak terhindarkan. Kisah ini menyentuh inti dari pengalaman manusia, mengingatkan kita bahwa hidup itu sendiri adalah sebuah simfoni pembelajaran yang tak pernah berhenti, di mana setiap tantangan adalah undangan untuk tumbuh, setiap kegagalan adalah pelajaran berharga yang membimbing kita menuju kebijaksanaan, dan setiap kesuksesan adalah bukti dari kekuatan tekad, kerja keras, keyakinan pada diri sendiri, dan cinta yang kita miliki untuk belajar dan berkembang.\r\n \r\nDi awal kisah, kita diperkenalkan kepada Raka, seorang siswa SMP yang mungkin tampak biasa saja di mata dunia, seorang anak muda yang sedang mencari jalannya di tengah labirin kehidupan, mencoba memahami siapa dirinya, apa yang ia inginkan, dan bagaimana ia bisa memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia. Namun, di balik penampilannya yang sederhana, tersembunyi sebuah hasrat yang membara untuk meraih keunggulan akademik, untuk membuktikan kepada dirinya sendiri dan kepada dunia bahwa ia mampu mencapai hal-hal besar, bahwa ia memiliki sesuatu yang berharga untuk ditawarkan, bahwa ia memiliki potensi untuk membuat perbedaan. Metode belajarnya yang unik, yang melibatkan penggunaan kode warna yang cerdas untuk mengorganisasi informasi kompleks, menciptakan jembatan visual yang menghubungkan konsep-konsep yang berbeda, dan menjelaskan konsep-konsep rumit di depan cermin dengan keyakinan yang tak tergoyahkan, seolah-olah ia sedang berbicara kepada audiens yang tak terlihat, berbagi pengetahuannya dengan dunia, adalah bukti nyata dari kreativitas, inovasi, komitmen, disiplin, dan cintanya pada pembelajaran. Ia berhasil mengubah proses belajar yang seringkali dianggap membosankan, membebani, menakutkan, dan bahkan menyiksa menjadi sebuah petualangan yang menarik, memotivasi, memberdayakan, menyenangkan, dan bahkan transformatif. Ini adalah pelajaran yang tak ternilai harganya bagi kita semua: temukan pendekatan belajar yang paling sesuai dengan gaya, minat, kekuatan, kelemahan, nilai, dan tujuan pribadi kita, dan jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan berbagai teknik, strategi, sumber daya, dan lingkungan untuk mengoptimalkan potensi kita dan mencapai hasil yang luar biasa.\r\n \r\nNamun, perjalanan Raka tidak selalu dihiasi dengan keberhasilan, pujian, pengakuan, dan validasi. Seperti halnya kehidupan itu sendiri, perjalanannya penuh dengan liku-liku, pasang surut, tantangan yang tak terduga, rintangan yang tampaknya tak teratasi, dan bahkan tragedi yang menghancurkan. Ketika nilainya tiba-tiba merosot tajam, ia dilanda perasaan kecewa yang mendalam, keputusasaan yang melumpuhkan, keraguan yang menghantui, ketakutan yang melumpuhkan, rasa bersalah yang menghancurkan, dan bahkan rasa malu yang mendalam. Momen ini menandai titik balik yang krusial dalam kisahnya, sebuah persimpangan jalan yang menuntutnya untuk membuat pilihan yang sulit, untuk memutuskan apakah ia akan menyerah pada kesulitan, membiarkan dirinya dikalahkan oleh rasa takut dan ketidakpastian, atau bangkit kembali dengan semangat yang diperbarui, tekad yang lebih kuat dari sebelumnya, keyakinan yang tak tergoyahkan pada kemampuannya untuk mengatasi rintangan apa pun yang menghadangnya, dan cinta yang lebih dalam untuk belajar dan berkembang. Ia menyadari bahwa strategi yang selama ini ia andalkan, yang telah membawanya menuju kesuksesan di masa lalu, tidak lagi efektif dalam menghadapi tantangan yang baru dan kompleks yang ia hadapi saat ini. Ini adalah pengingat yang kuat tentang pentingnya adaptasi, fleksibilitas, ketahanan, kemampuan untuk terus belajar dan berkembang, dan kemauan untuk mengubah diri kita sendiri dan pendekatan kita terhadap kehidupan ketika diperlukan. Kita tidak bisa terpaku pada satu cara berpikir, bertindak, atau belajar dan mengharapkan hasil yang berbeda. Kita harus terbuka terhadap perubahan, bersedia untuk keluar dari zona nyaman kita, terus mencari cara-cara baru dan inovatif untuk mengatasi rintangan, mencapai tujuan kita, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia.\r\n \r\nPeran guru matematika dalam momen kritis ini sangatlah transformatif, ajaib, dan bahkan ilahi. Ia tidak hanya memberikan dukungan emosional kepada Raka, menenangkannya ketika ia
mantap
iya
\"Kisah Raka, yang terukir dengan indah dalam artikel ini, jauh melampaui sekadar catatan perjalanan seorang siswa; ia adalah sebuah simfoni tentang semangat belajar yang tak pernah lekang oleh waktu, sebuah eksplorasi mendalam tentang ketangguhan jiwa manusia dalam menghadapi badai kehidupan, dan sebuah perayaan atas kemampuan luar biasa kita untuk beradaptasi, berevolusi, dan mencapai potensi tertinggi kita di tengah arus perubahan yang tak terhindarkan. Kisah ini menyentuh inti dari pengalaman manusia, mengingatkan kita bahwa hidup itu sendiri adalah sebuah proses pembelajaran yang berkelanjutan, di mana setiap tantangan adalah undangan untuk tumbuh, setiap kegagalan adalah pelajaran berharga yang membimbing kita menuju kebijaksanaan, dan setiap kesuksesan adalah bukti dari kekuatan tekad dan kerja keras kita.\r\n \r\nDi awal kisah, kita diperkenalkan kepada Raka, seorang siswa SMP yang mungkin tampak biasa saja di mata dunia. Namun, di balik penampilannya yang sederhana, tersembunyi sebuah hasrat yang membara untuk meraih keunggulan akademik dan membuktikan kepada dirinya sendiri bahwa ia mampu mencapai hal-hal besar. Metode belajarnya yang unik, yang melibatkan penggunaan kode warna yang cerdas untuk mengorganisasi informasi kompleks dan menjelaskan konsep-konsep rumit di depan cermin dengan keyakinan yang tak tergoyahkan, adalah bukti nyata dari kreativitas, inovasi, dan komitmennya terhadap pembelajaran. Ia berhasil mengubah proses belajar yang seringkali dianggap membosankan dan membebani menjadi sebuah petualangan yang menarik, memotivasi, dan memberdayakan. Ini adalah pelajaran yang tak ternilai harganya bagi kita semua: temukan pendekatan belajar yang paling sesuai dengan gaya, minat, dan kekuatan pribadi kita, dan jangan pernah takut untuk bereksperimen dengan berbagai teknik dan strategi untuk mengoptimalkan potensi kita dan mencapai hasil yang luar biasa.\r\n \r\nNamun, perjalanan Raka tidak selalu dihiasi dengan keberhasilan dan pengakuan. Ketika nilainya tiba-tiba merosot tajam, ia dilanda perasaan kecewa yang mendalam, keputusasaan yang melumpuhkan, dan bahkan keraguan yang menghantui tentang kemampuannya sendiri. Momen ini menandai titik balik yang krusial dalam kisahnya, sebuah persimpangan jalan yang menuntutnya untuk memilih antara menyerah pada kesulitan atau bangkit kembali dengan semangat yang diperbarui dan tekad yang lebih kuat dari sebelumnya. Ia menyadari bahwa strategi yang selama ini ia andalkan tidak lagi efektif dalam menghadapi tantangan yang baru dan kompleks. Ini adalah pengingat yang kuat tentang pentingnya adaptasi, fleksibilitas, dan kemampuan untuk terus belajar dan berkembang dalam setiap aspek kehidupan. Kita tidak bisa terpaku pada satu cara berpikir, bertindak, atau belajar dan mengharapkan hasil yang berbeda. Kita harus terbuka terhadap perubahan, bersedia untuk keluar dari zona nyaman kita, dan terus mencari cara-cara baru dan inovatif untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan kita.\r\n \r\nPeran guru matematika dalam momen kritis ini sangatlah transformatif. Ia tidak hanya memberikan dukungan emosional kepada Raka, tetapi juga menanamkan pemahaman yang mendalam tentang makna sejati dari belajar, ketekunan, dan ketangguhan. Ia mengingatkan Raka bahwa belajar bukanlah sekadar tentang menghafal fakta, mengumpulkan nilai tinggi, atau memenangkan persaingan, melainkan tentang proses berkelanjutan yang melibatkan eksplorasi, penemuan, pertumbuhan pribadi, dan kontribusi positif bagi dunia di sekitar kita. Ia menekankan bahwa kesalahan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan kesempatan berharga untuk belajar, meningkatkan diri, dan mengembangkan ketahanan mental dan emosional. Pesan ini sangat relevan bagi kita semua, tidak hanya dalam konteks pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan secara luas. Kita semua pasti akan menghadapi kegagalan, kemunduran, dan tantangan yang tak terduga pada suatu titik dalam hidup kita, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kita meresponsnya. Apakah kita menyerah dan membiarkan diri kita dikalahkan oleh rasa takut, keraguan, dan ketidakpastian, ataukah kita bangkit kembali dengan semangat yang diperbarui, belajar dari pengalaman itu, dan menggunakan pengetahuan dan kebijaksanaan yang kita peroleh untuk mencapai tujuan kita dan membuat perbedaan positif di dunia?\r\n \r\nRaka memilih untuk bangkit dan mengubah pendekatannya secara radikal. Ia mulai belajar dalam kelompok, berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas, mencari bantuan tambahan dari guru dan teman-temannya, dan menjelajahi berbagai sumber daya belajar yang tersedia. Ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi, komunikasi, dan koneksi sosial dalam proses belajar. Kita tidak bisa mencapai potensi penuh kita sendirian. Kita membutuhkan dukungan, wawasan, perspektif yang berbeda, dan inspirasi dari orang lain untuk membantu kita tumbuh, berkembang, dan mencapai tujuan kita. Selain itu, keberanian Raka untuk bertanya kepada guru, mencari bantuan ketika ia membutuhkannya, dan berbagi pengetahuannya dengan orang lain adalah pengingat bahwa belajar adalah proses dua arah yang saling menguntungkan. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman kita dengan orang lain, kita tidak hanya membantu mereka tumbuh dan berkembang, tetapi juga memperdalam pemahaman kita sendiri dan memperkuat hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita.\r\n \r\nKisah Raka adalah metafora yang kuat tentang perjalanan belajar sepanjang hayat, sebuah pengingat bahwa tidak ada batasan usia, waktu, atau kemampuan untuk terus mengejar pengetahuan, mengembangkan keterampilan baru, dan mencapai potensi tertinggi kita. Kita memiliki kapasitas tak terbatas untuk belajar, beradaptasi, dan berevolusi, asalkan kita memiliki kemauan untuk terus mencoba, keberanian untuk menghadapi tantangan, keyakinan bahwa kita mampu mencapai hal-hal besar, dan komitmen untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia.\r\n \r\nArtikel ini bukan hanya sekadar kisah inspiratif, tetapi juga panduan praktis tentang bagaimana menjadi pembelajar yang sukses, bersemangat, dan berdaya. Dengan menerapkan strategi yang efektif, mencari dukungan dari lingkungan sekitar, memelihara pola pikir yang positif, dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, siapa pun dapat meraih prestasi gemilang, mencapai impian mereka, dan memberikan kontribusi yang berarti bagi dunia. Terima kasih kepada penulis atas kisah yang sangat bermakna ini. Semoga kisah Raka dapat menginspirasi kita semua untuk terus belajar, berkembang, dan menjalani hidup dengan penuh semangat, tujuan, dan makna.\"
ini sangat menarik
bacaan nya sangat menarik untuk di baca dan simak cerita nya di dol
sangat menarik
Bagus menarik
sangat bagus ceritanya
Menarikkk
sangat menarik untuk di baca
SANGATKERENNNNN
Sangat bagus
keren
Wah anjir keren cuyy wkwkwk kocak bgt
Menarikkk
anjayy keren bangett jadi terharu
bagus menarik !!
menginspirasi jiwa semangat remaja menuju kesuksesan ?
Bagus
baik
bangussssss
kwereeennn
bagus
matap
Bagus